Wisata Update

Pantai Indah Ketapang, Rekreasi Murah di Cilacap

Summary

Pantai Indah Ketapang adalah salah satu tempat rekreasi yang paling nyaman dan murah di Cilacap bagian timur. Karena selain pemandangan pantai yang indah dengan pepohonan ditepinya juga karena airnya yang masih jernih dan alami. Pantai ini biasanya hanya ramai ketika hari raya lebaran tiba, namun di hari-hari yang lain biasanya relatif sepi. Namun justeru karena itulah pantai ini jadi lebih asri dan alami.

pengunjung sedang menikmati indahnya pantai Ketapang sambil bercengkrama dengan pasangannya
Menikmati indahnya pantai Ketapang

Pantai Indah Ketapang adalah salah satu lokasi wisata alam pantai yang terdapat di Cilacap Jawa Tengah. Pantai yang masih asri dan alami namun nyaman sebagai tempat rekreasi untuk keluarga. dengan air yang lebih jernih dari kebanyakan pantai di Cilacap juga pepohonan di tepi pantai yang rindang menjadikan pantai ini salah satu tujuan rekreasi yang nyaman.

Banyak pantai yang indah di Cilacap

Tidak heran apabila pantai Ketapang masih belum dimaksimalkan karena di Cilacap masih banyak objek wisata pantai. Seperti yang kita tahu bahwa sepanjang wilayah Cilacap bagian selatan adalah pantai samudera Hindia. Di sepanjang pantai ini banyak objek wisata diantaranya adalah Pantai Teluk Penyu, Pantai Sodong, Pantai Widarapayung, Pantai Indah Ketapang dan pantai Jetis.

Diantara pantai – pantai tersebut hanya pantai Ketapang yang kelihatannya belum dimanfaatkan dengan baik. Walaupun sudah lama diperuntukkan sebagai salah satu lokawisata, namun perkembangan sarana dan prasarananya tidak maksimal. Kami pernah berkunjung ketika lebaran dan hari-hari biasa. Ternyata perbedaannya sangat jauh sekali.

Ketika hari raya maka pantai Ketapang sangat ramai dan banyak penjual dan penyedia layanan yang berjualan di sekitar lokawisata. Namun ketika hari biasa sudah tidak ada lagi gubuk dan penjual yang standby di lokasi. Hanya ada satu penjual yang masih berada di sana, semoga bukan karena nekat. Hehehehe. Tetapi kami bersyukur dengan adanya warung tersebut kami bisa numpang shalat dan mandi setelah bermain-main di pantai.

Harga tiket masuk ke pantai indah Ketapang sangat murah

Ketika hari raya atau lebaran setiap kendaraan ditarik karcis dengan tarif Rp. 15.000,-. Sangat murah untuk ukuran harga tiket masuk di hari raya. Karena biasanya harga tiket masuk ke lokasi wisata yang lain di hari raya sekitar Rp. 25.000,- atau lebih misalnya the village Purwokerto. Dan uniknya tidak dihitung berapa jumlah penumpang di mobil. Bisa jadi hanya pengalaman saya saja juga bisa. Hehehehe. Karena saat itu cuma ditarik uang Rp. 15.000,- langsung masuk tanpa liat jumlah penumpang. Kalau memang itu hanya saya saja berarti lagi mujur kali yah?

Kemudian ketika saya datang lagi di hari biasa malah tidak ada petugas yang memungut tiket masuk. Jadi kami tinggal masuk tanpa ada biaya apapun. Waow… Sangat disayangkan yah… Saya lebih suka ada tiket masuk sih tapi tiket resmi bukan palak. Dan memang di sekitar pantai sepi hanya ada beberapa pasang muda-mudi yang sedang bercengkrama barangkali sedang membuat rencana masa depan. Ada yang duduk – duduk di atas motornya ada juga yang duduk di bawah saung. Semuanya menikmati indahnya pantai Ketapang. Saya sendiri juga memilih duduk di bawah gubuk sambil menikmati angin hmmm….

salah satu gubuk yang disediakan bagi pengunjung di pantai indah Ketapang
Bukan sendirian kok.. banyak disampingnya

Kami sekeluarga sengaja memilih waktu agak sore sehingga udara tidak terlalu panas. Sekitar jam 15.00 waktu Cilacap lumayan adem. Kemudian kami menunaikan shalat dahulu dengan menumpang di satu warung yang masih setia berjualan di pinggir pantai Ketapang. Tempat shalatnya memang kecil tetapi lumayan bersih dan tersedia alat shalat artinya sering dipakai oleh pemilik warung untuk shalat. Wow tidak ada yang lebih menenteramkan selain shalat di pinggir pantai serasa seperti begitu dekatnya dengan alam. (Hanya perasaanku saja – red).

Selain menikmati indahnya pantai, juga dapat ngobrol dengan nelayan

Setelah itu kami bermain-main di pantai Ketapang dan bertemu dengan nelayan yang sedang mencari ikan dengan jaringnya. Baru kali itu kami melihat lebih dekat bagaimana mereka memasang jaringnya ke pantai. Saya sempat ngobrol – ngobrol dengan salah satu nelayan tetapi saya lupa namanya. Menurut nelayan yang kami temui biasanya mereka mendapatkan sekitar 25 kg ikan sehari. Ikan yang besarnya hanya selebar tiga jari. Hasil ikan itu akan dijual ke penduduk sekitar atau untuk dimasak sendiri.

Kami bermain sampai menjelang waktu Maghrib bersama anak-anak dan keluarga. Semoga kapan-kapan kami dapat berkunjung lagi ke pantai indah Ketapang Cilacap. Pantai yang nyaman asri dan alami.

Like and Share jika bermanfaat:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *